twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Air Es VS Perut Buncit


Es teh yang menyegarkan
"Saya penggemar berat minuman dingin. Mau cuaca panas atau dingin, saya tetap minum dingin. Selama ini tidak ada masalah serius dengan kesehatan saya. Tetapi, akhir- akhir ini saya baca di internet, air es atau air dingin tidak baik untuk kesehatan. Ada juga yang mengatakan bahwa air dingin membuat perut buncit."
akibat terlalu banyak minum air es perut menjadi buncit. perhatikan gambar perut saya diatas!
Fakta-fakta tentang air es menurut dokter (yang saya baca di internet) :
  • Salah satu penyebabnya, timbulnya sedikit gas dalam perut itulah yang membuat perut buncit.
  • Pada prinsipnya orang akan lebih sehat jika segala sesuatu yang dimakan dan diminum mendekati subuh tubuh.
  • Bila hawa sedang sangat panas, badan kitapun akan terasa panas dan berkeringat. Jika minum air dengas es batu (air es) perut akan terasa keram dan kejang. Meminum air es akan mengubah tata kerja alat didalam tubuh, terutama perut. Akibatnya ialah timbulnya sedikit gas dalam perut yang bisa membuat perut buncit.
  • Air dingin hanya membuat efek enak sementara.
  • Makan es jeruk manis (menggunakan gula) bersama-sama dengan makan bakso memang enak (apalagi kalau gratis), tetapi tidak akan membantu menetralisir lemak pada kuah dan bakso Anda dengan baik, malahan akan mempercepat proses terjadinya peningkatan timbunan lemak di dalam tubuh. Penjelasannya : Sifat es yang dingin akan membekukan lemak yang kita makan sehingga ikatannya akan menjadi lebih kuat (sulit untuk diuraikan). Sedangkan gula akan menambah timbunan lemak, karena sakrosa pada gula di dalam darah akan diurai menjadi glukosa. Glukosa yang tidak habis terpakai sebagai energi, hanya akan ditimbun di bawah lapisan daging dan kulit sebagai lemak. Jadi sebaiknya minum air jeruk dalam keadaan hangat dan tidak pakai gula.
  • Tetapi, berenang di dalam kolam air dingin juga bisa mempercepat sistem metabolisme tubuh. Semakin tinggi metabolisme, makanan akan dicerna semakin cepat, dan itu membakar kalori lebih banyak, sehingga tidak menimbulkan timbunan lemak dalam tubuh.
Saran saya minum air dingin tidak apa, namun sebaiknya di kurangi sejak dini. semoga bermanfaat! ;-)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sifat es yg dingin tidak akan membekukan lemak. logikanya, ketika sesuatu yg dingin masuk kedalam tubuh kita (suhu tubuh 37 derajat C) maka semuanyanya akan menyesuaikan. es yg mulanya dingin, masuk kedalam tubuh akan menjadi hangat <37 derajat>. nyatanya, segala sesuatu yg keluar dri tubuh kita tidak ada yg dingin kan ??. seperti urin.

Andi mengatakan...

I wanna Meet u,...

Posting Komentar