twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

BERKAS dan AKSES


BERKAS dan AKSES

Berkas dan file adalah system penyimpanan, pengelolaan dan penyimpanan data pada alat penyimpanan eksternal. Pada berkas dan akses penyimpanan data dilakukan secara fisik.

KLASIFIKASI DATA
   
•    Kelompok Data Tetap
Kelompok data yang tidak mengalami perubahan, paling tidak dalam kurun waktu yang lama. Contoh : Data pribadi mahasiswa
•    Kelompok Data Tak Tetap
Kelompok data yang secara rutin mengalami perubahan. Contoh : Data rencana studi mahasiswa
•    Kelompok Data Yang Bertambah Menurut Waktu
Biasanya merupakan data akumulasi dari kelompok data tetap dan tak tetap. Contoh : Data transkip


KLASIFIKASI FILE berdasarkan penggunaan / isi file :

1.    Master File
2.    Transaction File
3.    Report File
4.    Work File
5.    Program File
6.    Text File
7.    Dump File
8.    Library File
9.    History File

JENIS - JENIS FILE dan FUNGSINYA

1.    Time Cards termasuk kedalam fungsi Transaction  File
Time Cards merupakan file yang waktu inputnya file dalam proyek transaksi yang berisi record-record yang akan memperbaharui atau mengupdate record-record yang ada pada master file pasa kartu ATM. Termasuk ke dalam fungsi Transaction File karena merupakan file yang dapat mengupdate record pada master file.

2.    Sort Program termasuk kedalam fungsi Program File
Sort program adalah program yang berisi instruksi dalam proses pengurutan data yang sebelumnya disusun secara acak sehingga menjadi tersusun secara teratur. Termasuk kedalam fungsi Program File karena berisi instruksi-instruksi untuk memproses data yang akan disimpan pada memori utama.

3.    Sort Work File termasuk kedalam fungsi Work File
Sort Work File merupakan proses pengurutan data yang sebelumnya disusun secara acak, sehingga menjadi tersusun sebagai alat untuk melewatkan data yang dibuat oleh sebuah program ke program lain. Termasuk kedalam fungsi Work File karena dapat digunakan sebagai alat untuk melewatkan data oleh sebuah program ke program lain pada waktu proses sortir.

4.    Sorted – Time Cards termasuk kedalam Transaction File
Sorted – Time Cards adalah proses pengurutan data dalam proses transaksi file yang akan mengupdate record-record yang ada pada master file dengan waktu tertentu pada kartu ATM. Termasuk kedalam fungsi Transaction File karena merupakan file yang dapat mengupdate record pada master file.

5.    Payroll Master termasuk kedalam fungsi Master File
Payroll Master adalah file yang berisi data arsip pembayaran yang relative tetap atau jarang berubah. Termasuk kedalam fungsi Master File karena berisi data yang relative tetap, lebih spesifik lagi termasuk kedalam fungsi Reference Master File (file yang berisi record yang jarang berubah).

6.    Pay Record Update Program termasuk ke dalam Program File
Pay Record Update program merupakan file yang berisi instruksi – instruksi untuk memproses data dalam memperbaharui daftar pembayaran atau gaji yang akan disimpan pada file lain atau pada memori utama. Termasuk kedalam fungsi Program File karena berisi instruksi-instruksi untuk memproses data yang akan disimpan pada memori utama.

7.    Reject Time Cards termasuk kedalam Work File
Reject Time Cards ialah penolakan transaksi pada sebuah work file dalam waktu tertentu pada kartu ATM. Termasuk kedalam fungsi Work File karena merupakan file semantara dalam sebuah system.

8.    Pay Check Detail termasuk kedalam Work File
Pay Check Detail merupakan tanda terima pembayaran atau gaji lengkap yang dibuat dalam sebuah work file. Termasuk kedalam fungsi Work File karena digunakan sebagai alat untuk melewatkan data oleh sebuah program ke program lain pada waktu proses sortir.

9.    Reconciliation Detail termasuk kedalam Work File
Reconciliation Detail adalah laporan perdamaian lengkap dalam sebuah work file pada kartu ATM atau bank. Termasuk kedalam Work File karena digunakan sebagai alat untuk melewatkan data oleh sebuah program ke program lain pada waktu proses sortir.

10.    List Utility Program termasuk kedalam Program File
List Utility Program ialah daftar kegunaan pada program file untuk memproses data yang akan disimpan pada memori utama. Termasuk kedalam fungsi Program File karena berisi instruksi untuk memproses data yang akan disimpan pada file lain atau memori utama.

11.    Reject Report termasuk kedalam Report File
Reject Report adalah penolakan laporan pada report file yang berisi data pembayaran atau gaji yang dibuat untuk keperluan user. Termasuk kedalam Report File karena berisi data yang dibuat untuk laporan atau keperluan user.

12.    Paycheck Writer Program termasuk kedalam Program File
Paycheck Writer Program merupakan tanda terima penulisan gaji atau pembayaran pada program file untuk memproses data yang akan disimpan. Termasuk kedalam Program File karena berisi instruksi untuk memproses data yang akan disimpan selanjutnya.

13.    Pay Check termasuk kedalam Report File
Pay Check adalah tanda terima pembayaran atau gaji yang dibuat sebagai laporan untuk keperluan user. Termasuk kedalam Report File karena berisi data yang dibuat untuk laporan atau keperluan user.

14.    Reconciliation Report Writer Program termasuk kedalam Program   File
Reconciliation Report Writer Program merupakan laporan perdamaian pada penulisan gaji atau pembayaran pada setiap file untuk memproses data yang akan disimpan dalam bentuk laporan. Termasuk kedalam Program File karena berisi instruksi untuk memproses data yang akan disimpan selanjutnya.

15.    Reconciliation Report termasuk kedalam Report File
Reconciliation Report ialah Laporan perdamaian pada report file yang berisi data pembayaran atau gaji yang dibuat untuk keperluan user dapat dicetak melalui kertas printer atau hanya dilihat dilayar monitor  sesuai kebutuhan user. Termasuk kedalam fungsi Report File karena berisi data yang dibuat untuk laporan atau keperluan user, yang dicetak pada kertas printer atau hanya pada layar monitor.

0 komentar:

Posting Komentar