twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Struktur Organisasi Perusahaan P.T. TIFICO Tbk

      Dalam menjalankan aktivitas usahanya, P.T. TIFICO Tbk menerapkan struktur organisasi fungsional (Struktur organisasi fungsional terdiri dari Bagian Pemasaran, Bagian Produksi, Bagian Personalia dan Bagian Pembelanjaan serta Bagian Umum. Pada struktur organisasi fungsional apabila ada seseorang yang diserahi tugas untuk mengelola suatu proyek biasanya orang tersebut sudah terlanjur setia pada bagian mana dia dahulu bekerja. Oleh karena itu seyogyanya offing tersebut tidak memanfaatkan menarik seluruh orang-orang dari bagiannya dahulu, tetapi sebaiknya juga menarik orang-orang pada bagian lain yang mampu sehingga pengalaman dan pengetahuan dapat dinikmati bersama) dimana organisasi menurut fungsi menyatukan semua orang yang terlibat dalam satu aktivitas yang disebut fungsi dalam satu group.

       P.T. TIFICO Tbk mempunyai empat group yaitu group administrasi ( Administrasi Group ), group produksi ( Production Group ), group machinery ( Machinery Group ), ISO 9002 & 14000 Project. Adapun tugas dan tanggung jawab dari elemen organisasi pada P.T. TIFICO Tbk secara singkat dapat dikemukakan sebagai berikut :

1. General Manager Manufacturing (GMM)

    Memimpin perusahaan dan bertanggung jawab terhadap seluruh kelangsungan hidup perusahaan. Dalam menjalankan tugasnya GMM dibantu oleh empat divisi. Ada empat group dalam struktur organisasi P.T. TIFICO Tbk yaitu : group administrasi, group produksi, group machinery, dan ISO 9002 & 14000 Project  Safety and Environmental Control Departement. Departemen ini bertugas memberikan pembinaan mengenai keselamatan kerja karyawan, membuat standar pakaian dan alat kerja sehingga dalam bekerja karyawan mendapatkan jaminan keselamatan dan apabila terjadi kecelakaan perusahaan akan bertanggung jawab, sepenuhnya dengan catatan ketika kecelakaan terjadi karyawan telah memakai pakaian dan alat keselamatan kerja sesuai standar perusahaan. Bertanggung Jawab atas keberlangsung kondisi lingkungan hidup akibat dampak dari aktivitas produksi perusahaan. Berkaitan dengan hal itu maka departemen ini mengawasi dan mencegah terjadinya polusi dan pecemaran, mengatur gas buang, mengolahan limbah dan emisi.

2. General Affair Departement

    Adalah bagian umum yang bertanggung jawab atas :
Penyediaan saranan pakaian dan alat keselamatan kerja seperti sabuk pengaman ( safety belt ), topi (heln met ), baju ( uniform ), sepatu anti setrum.
Menyediakan dan memelihara fasilitas kantin, Mushola, poliklinik, apotik, asrama, dan perumahaan ( dormitory and mess) karyawan
Menentukan rumah sakit, dokter, apotik yang ditunjuk untuk pelayanan karyawan dan keluarganya.
Penyedian alat-alat tenaga kerja 
Pengawasan kesehatan karyawan
Penyediaan air minum
Penyediaan sarana transportasi anatr jemput karyawan 
Serta fungsi sebagai humas misalnya masalah eksternal perusahaan menangani jamsostek, menentukan Rumah Sakit yang dituju.

3. Personalia Departement

    Departement personlia bertanggung jawab atas ketenagakerjaan mulai dari rekruitment karyawan, penggajian, kenaikan jabatan (promosi), penilaian prestasi kerja, penghargaan karyawan secara langsung maupun tidak langsung, pengadaan keamanan (securty) perusahaan.

4. Accounting Departement

    Bertanggung jawab terhadap masalah keuangan, adapun untuk mengaudit keuangan perusahaan dilakukan oleh tim audit dari kuar perusahaan.

5. Purchasing 1 & 2 Departement

    Purchasing 1 bertanggung jawab dalam penyediaan pergudangan dan penyediaan bahan baku ( lokal maupun import ), sedangkan Purchasing 2 bertanggung jawab dalm masalah transportasi bahan baku dan barang produksi.

6. Polymerrization Production Departement

    Mempunyai tugas pokok membuat bahan baku untuk produksi, berupa chips yang diproses dari bahan pokoknya yaitu : Ethelyne Glycol (EG) dan Terepthalic Pure Acid (TPA).

7. Polymer Tecnology Departement

    Melakukan riset dan pengembangan bahan baku chips.

8. Staple Fiber Production Departement

    Departement yang tugas pokoknya memproduksi kapas polyester ( Staple Fiber).

9. Staple fiber Tecnology Departement

   Mempunyai tugas pokok melakukan penelitian dan pengembangan produk kapas polyester.

10. FOY Production Departement

    Departement yang menghasilkan benang polyester dengan berbagai macam jenisnya.

11. Quality Departement

    Membuat standar kualitas filament yang didasarkan pada hasil riset.

12. Control Departement

    Melakukan pengawasan secara ketat terhadap proses produksi filament.

13. Spinning Draw Yarn (SDY) Production Departement.

    Departement yang menghasilkan filament (benang) dengan menggunakan padat teknologi.

14. Draw Texture yarn (DTY) Production Departement

     Departement yang membuat texture benang sesuai dengan keinginan konsumen.

15. Maintenance 1 & 2 Departement

     Mempunyai tugas pokok menjaga, merawat, dan memperbaiki peralatan mesin-mesin yang ada.

16. Electricity & Maintenance Departement

     Mempunyai tugas pokok menjaga, merawat dan memperbaiki peralatan eletronika yang ada.

17. Utility 1 & 2 Departement

     Mempunyai tugas pokok memasok sumber tenaga listrik, air dan nitrogen.

18. ISO 9002 Group

    Mempunyai tugas pokok mengadakan pengembangan dan pengawasan ISO.

0 komentar:

Posting Komentar